Sabtu, 27 Februari 2010

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN ITTELKOM BANDUNG

Dalam kampus IT Telkom Bandung, terdapat sebuah perpustakaan yang terletak di gedung Learning Centre lt.3. Perpustakaan ini memiliki berbagai macam buku, baik itu buku fiksi maupun non-fiksi. Selain itu, perpustakaan yang di bangun berbasis IT ini, memiliki banyak keunggulan terutama di bidang teknologi, seperti ICT Corner yang merupakan ruang di mana para mahasiswa pengunjung perpustakaan ini dapat melakukan koneksi internet dengan cuma-cuma. Di lt.4 yang juga merupakan tempat pimpinan atau kepala perpustakaan berada, juga terdapat ruang untuk diskusi dengan fasilitas yang sangat mendukung. Di sana juga terdapat sebuah ruang yang sering digunakan oleh para mahasiswa untuk melepaskan stres, dinamakan Pojok Rekreasi.
Perpustakaan IT Telkom menyediakan sebuah layanan sistem informasi berupa situs web yang beralamat http:\\www.ittelkom.ac.id/library, di mana di dalamnya terdapat segala informasi tentang semua yang terdapat dalam perpustakaan itu, seperti buku-buku baru, dan lain sebagainya. Situs perpustakaan milik IT Telkom tersebut dikelola oleh mantan mahasiswa IT Telkom sendiri yang bernama Mr. Ibnu Asror. Saat ini beliau sedang melanjutkan studi S2-nya dan sekarang bertempat di Learning Centre lt.4. Untuk mengelola situs tersebut, beliau dibantu oleh rekannya yang juga mantan mahasiswa IT Telkom.
Situs perpustakaan IT Telkom diaplikasikan dalam bahasa pemrograman PHP. Untuk databasenya, menggunakan Oracle sebagai pengolah data perpustakaan, dan MySQL untuk data websitenya. Database akan diupdate oleh pustakawan ketika ada data-data baru yang perlu ditampilkan di situs perpustakaan itu. Tetapi, para pustakawan melakukannya melalui Mr.Ibnu Asror.
Situs perpustakaan IT Telkom menggunakan jaringan berupa alias. Maksudnya, jika kita mengakses situs IT Telkom kemudian masuk ke library, maka akan langsung terhubung ke situs perpustakaan. Dengan menggunakan alias, maka server yang digunakan adalah server terpisah. Tetapi pusatnya tetap berada pada ruang SISFO IT Telkom yang terletak di gedung.D lt.2. Selain situs web, perpustakaan IT Telkom juga memiliki jaringan yang hanya dapat diakses dalam gedung itu sendiri, yaitu ruang khusus TA / PA, catalogue buku, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates